Sejarah Singkat

Di dasari kebutuhan dalam hal pendidikan dengan hasil maksimal melalui pendidikan karakter di awali dari usia dini. Dengan harapan anak mampu memiliki kecakapan emosional, spiritual (ESQ) yang menjadikan siswa sebagai sosok mukmin hamba Allah SWT yang berakhlak mulia (Abdullah), dan mampu memiliki kecakapan berpikir logic-rational (IQ) agar siswa mampu menguasai dan memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperlukannya sebagai calon pemimpin masa depan (Khalifah).

Realisasinya, Yayasan Bina Harapan Sumedang melakukan beberapa studi banding ke beberapa SD IT di wilayah Bandung sebagai bahan pertimbangan yang pada akhirnya mempertemukan Yayasan Bina Harapan Sumedang dengan SD Ar Rafi’ yang berlokasi di Jl. Sekejati III No. 20, Margasari, Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat. SD Ar Rafi’ berdiri pada tahun 2004 dengan lembaga penyelenggaranya yaitu Yayasan Pendidikan Kewiraswastaan Ar Rafi’.

Model pembelajaran yang diterapkan di SD Ar Rafi’ adalah model pembelajaran Ar Rafi’ yang dikembangkan oleh Dr. H. Hari Suderajat. M.Pd. sejak tahun 2002. Konsep model pembelajaran Ar Rafi’ ini berintikan nilai-nilai spiritual berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW serta terinspirasi oleh pendidikan dasar di London tahun 1978 yang berlandaskan kurikulum Cambridge.

Yayasan Bina Harapan Sumedang menjalin kerjasama dengan Yayasan Pendidikan Kewiraswastaan Ar Rafi’ untuk mengadopsi model pembelajaraan Ar Rafi’ melalui MoU di Notaris Boy Budiman Iskandar, S.H., M.Hum. No. 22 tanggal 27 Januari 2015 yang ditanda tangani oleh Ketua Yayasan Pendidikan Kewiraswastaan Ar Rafi’ yaitu Dr. H. Hari Suderajat. M.Pd. dengan Ketua Yayasan Bina Harapan Sumedang saat itu yaitu Dra. Hj. Yeyet Suryati, M.M., M.H. Dengan selesainya MoU tersebut, berdirilah sebuah sekolah dari Yayasan Bina Harapan Sumedang yang bernama SD Ar Rafi’ BHS.