Sejarah Singkat

Yayasan Bina Harapan Sumedang telah berkiprah di bidang penyelenggaraan pelayanan pendidikan persekolahan sejak tahun 2004, awalnya mendirikan SMK BHS (Kompetensi Keahlian Farmasi) terakreditasi A dan ISO 9001-2008 yang berlokasi di jl. Palasari No. 59 B Sumedang.

Bangunan baru yang berlokasi di jl. Prabu Tadjimalela No.68 Sumedang dengan peruntukan untuk TK-SD-SMP Ar Rafi’ BHS dan SMK BHS (Kampus 2), merupakan salah satu pengembangan dari Yayasan Bina Harapan Sumedang pada usianya yang ke 10 tahun.

SD Ar Rafi’ BHS lahir atas dasar prakarsa:

  1. Dra. Hj. Yeyet Suryati, M.M., M.H.
  2. Drs. Engkus Kuswara, M.M.

Di dasari kebutuhan dalam hal pendidikan dengan hasil maksimal melalui pendidikan karakter di awali dari usia dini. Dengan harapan anak mampu memiliki kecakapan emosional, spiritual (ESQ) yang menjadikan siswa sebagai sosok mukmin hamba Allah SWT yang berakhlak mulia (Abdullah). Dan mampu memiliki kecakapan berpikir logic-rational (IQ) agar siswa mampu menguasai dan memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperlukannya sebagai calon pemimpin masa depan (Khalifah).

Realisasinya, Yayasan Bina Harapan Sumedang melakukan beberapa kunjungan ke SD IT di wilayah Bandung sebagai bahan pertimbangan yang pada akhirnya mempertemukan Yayasan Bina Harapan Sumedang dengan pakar pendidikan/konsultan pendidikan yang telah mendirikan SD IT dengan nama SD Ar Rafi’ yang berlokasi di Jl. Sekejati III No. 20, Margasari, Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat. SD Ar Rafi’ berdiri pada tahun 2004 dengan lembaga penyelenggaranya yaitu Yayasan Pendidikan Kewiraswastaan Ar Rafi’ dengan tokoh yang ada yaitu:

  1. Dr. H. Hari Suderajat, M. Pd.
  2. Ir. Drs. H. Rachmat Dumadi B.E., M.Sc.
  3. Drs. H. Tisna Iyadilaga.

Konsep yang di pakai di SD Ar Rafi’ sekejati yaitu dengan model pembelajaran Ar Rafi’ dikembangkan oleh Dr. H. Hari Suderajat. M.Pd. sejak tahun 2002. Pola pendidikan Ar Rafi’ ini terinspirasi oleh pendidikan dasar di London tahun 1978 yang berlandaskan kurikulum Cambridge. Pola Ar Rafi’ yang berintikan nilai-nilai spiritual dan didasarkan pola Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW akan jauh lebih sempurna.

Yayasan Bina Harapan Sumedang akhirnya menjalin kerjasama dengan Yayasan Pendidikan Kewiraswastaan Ar Rafi’ untuk menggunakan model pembelajaraan Ar Rafi’ melalui MoU di Notaris Boy Budiman Iskandar, S.H., M.Hum. No. 22 tanggal 27 Januari 2015 yang ditanda tangani oleh Ketua Yayasan Pendidikan Kewiraswastaan Ar Rafi’ yaitu Dr. H. Hari Suderajat. M.Pd. dengan Ketua Yayasan Bina Harapan Sumedang saat itu yaitu Dra. Hj. Yeyet Suryati, M.M., M.H.

Dengan selesainya MoU tersebut, maka Yayasan Bina Harapan Sumedang memberi nama SD Ar Rafi’ BHS, dengan ijin operasional menerima siswa baru tahun ajaran 2015-2016.

Dengan motto “Membentuk generasi Cageur, Bageur, Bener, Pinter, Wanter”, tujuan terselenggaranya SD Ar Rafi’ BHS adalah menyiapkan lulusan dengan kecakapan belajar, kecakapan personal dan sosial berintikan nilai Islam yang diperlukan mereka untuk dapat menguasai kecakapan akademik dan vokasional dalam spektrum luas sesuai dengan tuntutan masyarakat global berbasis teknologi informasi dan komunikasi.